jam

Kamis, 10 Mei 2012

kegunaan macromedia flash

flash-ahead
Animasi Flash adalah gambar bergerak yang dibuat dengan menggunkan alat (software) khusus untuk membuat website yang interaktif dan website yang dianimasikan. Software yang sering saya gunakan untuk membuat animasi flash adalah Macromedia Flash. Definisi animasi flash telah dibahas sebelumnya. Setelah kita mengetahui apa itu definisi animasi flash, rasanya kurang lengkap kalau kita tidak tahu fungsi flash bukan animasi flash.

Animasi flash dengan flash itu beda

Animasi flash merupakan hasil dari flash. Dulu, saya pernah beranggapan bahwa animasi flash dengan flash itu sama. Ternyata animasi flash memiliki makna yang lebih sempit dibandingkan dengan flash. Flash digunakan untuk membuat animasi flash, sedangkan animasi flash apakah bisa digunakan untuk membuat flash? Nah, disitu salah satu perbedaannya.

Fungsi animasi flash

Dilihat dari fungsinya, animasi flash hanya sebatas objek untuk mempercantik halaman website atau blog. Animasi flash biasanya berbentuk widget berukuran kotak misalnya 120 x 120 px, 260 x 260 px, dsb. Ada juga yang berukuran besar yang biasa ditempatkan di header web site atau blog.

Fungsi flash

Flash = software. Jadi, memiliki fungsi yang kompleks tak hanya sekedar membuat animasi. Seperti software Microsoft Word misalnya, Ms. Word tidak hanya digunakan untuk urusan mengetik surat, mengetik proposal, atau mengetik undangan. Ms. Word juga bisa digunakan untuk scanning objek gambar (dengan tambahan periferal scanner), menggambar objek-objek sederhana, dan lain sebagainya.

Salahsatu software flash adalah macromedia flash. Dari itu saya beranggapan bahwa fungsi flash sama dengan macromedia flash. Dari Help Macromedia Flash 8 dijelaskan tentang fungsi macromedia flash itu sendiri. Berikut kutipannya:

Flash is an authoring tool that designers and developers use to create presentations, applications, and other content that enables user interaction. Flash projects can include simple animations, video content, complex presentations, applications, and everything in between. In general, individual pieces of content made with Flash are called applications, even though they might only be a basic animation. You can make media-rich Flash applications by including pictures, sound, video, and special effects.
Jika diterjemahkan dalam bahasa indonesia, artinya kurang lebih sebagai berikut:
Flash adalah software yang digunakan oleh para desainer dan pengembang untuk membuat presentasi, aplikasi, dan konten lain yang memiliki interaksi dengan pengguna. Proyek flash meliputi animasi sederhana,
konten video, presentasi yang kompleks, dan kombinasi semua itu. Pada umumnya, potongan dari kontent yang dibuat dengan flash disebut apilkasi, meskipun berbentuk animasi sederhana. Anda dapat membuat aplikasi media-rich Flash dengan memasukkan unsur gambar, suara, video, dan efek-efek khusus
Kurang lebih seperti itu terjemahan saya, kalau ada kesalahan mohon dibenarkan. Maklum, baru belajar bahasa inggris.

Kesimpulan

Fungsi flash ternyata beragam, tidak hanya untuk membuat animasi saja. Dengan Flash kita dapat membuat bermacam karya diantaranya:
  • membuat presentasi
  • membuat aplikasi
  • membuat animasi
  • membuat konten video
  • membuat media-rich flash dengan mengkombinasikan unsur: gambar, suara, video, dan efek-efek khusus.
 Flash juga bisa digunakan untuk membuat website seperti ini.



 





Tidak ada komentar:

Posting Komentar